Apa Itu RAM dan ROM? Kita Harus Tau !

Halloo pecinta tehnologi..

Sebagai pengguna gadget, Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah RAM. Apa sih yang dimaksud dengan RAM ? Mengapa kita harus memperhatikannya saat hendak memilih Handphone?

Berikut ini saya berbagi informasi mengenai RAM sebagai referensi. Supaya nantinya saat Anda membeli Handphone, Anda akan lebih memperhatikan kapasitas RAM daripada komponen lain.

Apa Itu RAM ?

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data (memori) sementara dan instruksi dari aplikasi. Data di dalam RAM sifatnya sementara dan bisa hilang ketika smartphone dimatikan. Besarnya kapasitas RAM berpengaruh pada kecepatan smartphone dalam memproses data atau loading aplikasi. RAM juga berfungsi menyimpan data dari aplikasi saat aplikasi sedang berjalan. Dengan bantuan RAM, aplikasi dan sistem dapat berjalan lancar dan merespon perintah pengguna dengan cepat.

RAM Hp termasuk memori yang menyimpan data dan perintah dari program yang sifatnya tidak tetap, alias bisa berubah sewaktu-waktu. Pada intinya, RAM adalah memori yang menyimpan data-data program yang dibutuhkan aplikasi saat bekerja. Data yang dibutuhkan aplikasi saat bekerja akan menggunakan RAM. Pada kesimpulannya RAM adalah memori sementara yang bekerja saat aplikasi digunakan, ketika aplikasi ditutup maka fungsi RAM pada sebuah smartphone akan kembali normal (tidak difungsikan).

Manfaat RAM untuk Handphone ?

Adanya RAM membuat HP Anda dapat melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Contohnya adalah saat Anda membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Selama kapasitas RAM mencukupi, semua aplikasi yang Anda buka dapat berjalan dengan baik secara bersamaan. RAM juga menjaga jalannya aplikasi agar tetap lancar. Saat Anda merasakan loading aplikasi lambat atau cepat, disitulah Anda mengetahui kinerja RAM HP Anda.

Selain itu fungsi RAM pada HP Android yang penting adalah perannya untuk multitasking. Dengan RAM yang besar, sebuah perangkat Android dapat mengerjakan ataupun membuka lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu. Semakin besar RAM yang tersedia, maka semakin lancar pula Android untuk memproses penggunaan multitasking.

Bagaimana Cara Kerja RAM ?

Berikut ini cara kerja RAM pada sebuah smartphone:

  1. Setelah hp dinyalakan sistem operasi akan mengecek data di RAM dan ROM
  2. Sistem operasi akan di-load dari ROM ke RAM
  3. Ketika sistem operasi sudah di-load ke RAM, CPU akan mengakses data di RAM
  4. Proses ini juga dilakukan ketika menjalankan aplikasi
  5. Ketika aplikasi dibuka, data akan di-load dari storage ke RAM
  6. CPU akan mengoperasikan aplikasi dengan data yang ada di dalam RAM

Selain RAM ada juga ROM dalam sebuah Handphone.

Apa Itu ROM ?

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. Pengertian ROM adalah perangkat memori yang digunakan untuk menyimpan dan membaca data. Data di dalam ROM Hp bersifat permanen, artinya tidak akan mudah hilang dan tidak mudah berubah dengan sendirinya walaupun Hp dimatikan. ROM Hp berfungsi menyimpan perintah sistem dan aplikasi yang bersifat tetap.

Saat sistem atau aplikasi dijalankan, data-data yang dibutuhkan saat beroperasi akan dibaca dari dalam ROM. Selain untuk simpan data yang bersifat permanen, ROM Hp juga berfungsi untuk menyimpan data-data di luar sistem seperti foto, video, dokumen digital, musik, dan lain sebagainya.

Apa Fungsi ROM ?

ROM berfungsi sebagai media penyimpanan data secara permanen dengan hak akses yang terbatas yang hanya dapat membaca tanpa memodifikasi sebuah file yang disimpan pada perangkat seluler tersebut.

Jadi, antara RAM dan ROM dalam Handphone mempunyai peran yang sama-sama penting, dan melakukan kerja sama dalam memaksimalkan kinerja handphone, selain perangkat RAM dan ROM juga di bantu dengan model dan kualitas chipset, software, dan hardwarenya sebuah handphone.

 

Mekar Jaya, 03 Desember 2021
HYV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.