TEORI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PERSEPEKTIF ISLAM

Kepemimpinan merupakan bagian terpenting dari organisasi lembaga pendidikan. Hal ini dapat dilihat pada kenyataannya ketika seorang pemimpin telah menjalankan tugasnya memanej organisasinya dengan baik maka organisasi tersebut akan menjadi baik pula.

Melihat penting dan strategisnya posisi kepala sekolah dalam mewujudkan tujuan sekolah, maka seharusnya kepala sekolah harus mempunyai nilai kemampuan relation yang baik dengan segenap warga di sekolah, sehingga tujuan sekolah dan tujuan pendidikan berhasil dengan optimal. Ibarat nahkoda yang menjalankan sebuah kapal mengarungi samudra, kepala sekolah mengatur segala sesuatu yang ada di sekolah.

Dalam Islam sendiri, kepemimpinan mendapatkan porsi bahasan yang tidak sedikit. Tidak sedikit ayat Al-Qur’an dan Hadits yang membincang akan pentingnya kepemimpinan dalam sebuah komunitas. Beberapa istilah Al-Quran yang terkait dengan kepemimpinan antara lain. Khalifah (khilafah), imam (imamah) dan uli Al-Amri. Disamping itu disebutkan juga prinsip-prinsip kepemimpinan, yang mana prinsip tersebut harus dimilki oleh seorang pemimpin walaupun tidak secara totalitas untuk itulah, penulis merasa penting untuk mengaplikasikan teori – teori kepemimpinan yang terdapat di dalam Al-Qur’an tersebut dalam kaitannya dengan kepemimpinan kepala sekolah di lembaga pendidikan yang dipimpinnya.

Makalah yang lebih jelasnya silahkan klik Link disini

2 Komentar pada “TEORI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PERSEPEKTIF ISLAM”

  1. Having read this I thought it was rather enlightening.
    I appreciate you taking the time and energy to put
    this article together. I once again find myself personally spending a lot of time both reading and commenting.
    But so what, it was still worth it!

    Visit my blog :: Royal CBD

    1. thank you for stopping by to my blog, hopefully what synergy I have to convey and useful for everyone, ready for me to visit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *