USIA YANG BEGITU DEKAT

Assalamualaikum wr.wb

Pada dasarnya umur atau usia seseorang tidak ada yang mengetahui, karena segala urusan jodoh, maut dan usia semua di tentukan oleh sang pencipta yaitu Allah SWT. Kita hanya perlu berbuat dan bersikap sebaik mungkin selama hidup di dunia serta memanfaatkan umur yang kita miliki dengan melakukan amalan-amalan sholeh dan beribadah kepada Allah SWT, sebab banyak orang yang berumur panjang namun umurnya tidak berharga sama sekali.

Pastinya, tak ada yang mengerti seberapa lama usia kita di dunia ini. Berikut akan dijelaskan ayat Al Quran tentang Usia yang bisa dipahami.

Seorang mu’min tidaklah patut tertipu dengan usianya yang masih muda atau terlena dengan kenikmatan yg diberikan oleh Allah SWT. Sehingga ia mengulur-ulur waktu atau bahkan lupa untuk beribadah. Karena walau bagaimanapun panjang umurnya namun yang akan bermanfaat di akherat adalah masa-masa yang ia gunakan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Sedang yang lainnya akan hilang seperti debu di atas batu licin yang tersiram hujan hilang tak berbekas. Sesuai dengan surat An-Nahl ayat 70 yang artinya “Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu; dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa”.

Dari ayat di atas jelas disampaikan bahwa Allah lebih mengetahui dari rencana manusia dan Allah lebih berkuasa atas segala apa yang terjadi dimuka bumi ini.

Ada banyak hal dan kejadian orang-orang yang menutup usia dengan mudah, adakalanya waktu tidur kemudian langsung meninggal, ketika menyanyi kemudian meninggal, ketika jalan kemudian meninggal, ketika sujud kemudian meninggal, hal-hal tersebut adalah sebagai bukti bahwasannya usia itu dekat dengan diri kita.
Tidak terletak pada jantung, tidak juga terletak pada anggota tubuh yang lainnya melaikan usia itu letaknya ada pada rahasia Allah SWT.

Kita tidak akan pernah tau seberapa lama kita diberikan Allah usia untuk mencari amal sebagai bekal di akhirat, maka dari itu marilah kita selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan selalu memunajat diberikan keberkahan disisa usia yang diberikan kepada kita.

Wallahua’lam bishawab

2 Komentar pada “USIA YANG BEGITU DEKAT”

  1. Bermanfaat sekali.. terus memberikan edukasi bagi masyarakat

    1. Siap terima kasih atas saran dan masukane gaes, kkira apa lagi hal yang harus di edukasi kepada masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.