BUMDES BERSAMA BETARA (BUB3RTA) SOLUSI MASYARAKAT KECAMATAN BETARA

Oleh : Hikmal Yakin, S.Pd.I

BUMDES BERSAMA BETARA yang lebih populer dengan nama BUB3RTA, keberadaannya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Kecamatan Betara Provinsi Jambi, letak kantor di Jln. Lintas Kuala Tungkal Jambi KM 23 Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara. BUB3RTA yang berdiri dari tahun 2018 hingga sekarang dipimpin oleh Suroso, S.Pt telah memiliki beberapa Unit Usaha diantaranya adalah Buberta Finance, Unit Usaha SPP (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan), BRI Link, Biilboard dan usaha lainnya.

Visi dari BUB3RTA adalah Menjadikan BUB3RTA Lembaga yang profesional yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan masyarakat Kecamatan Betara dengan motto “BANGGA BERSAMA BETARA”.

Unit Usaha Buberta Finance adalah salah satu usaha yang kini sangat membantu masyarakat Kecamatan Betara, karna Unit Usaha ini fokus pada pembiayaan barang-barang elektronic dan kebutuhan rumah tangga, pembayarannya dapat dengan cara Cesh, Kredit dan Cesh Tempo, tentunya dengan jasa yang rendah yaitu 1,5 % dari harga barang akad kredit perbulan, selain jasa rendah akad kredit tanpa jaminan atau anggunan. Nasabah Buberta Finance sampai di tahun 2022 kini telah mencapai 1.800 nasabah, kebutuhan dari masyarakat meliputi handphone karna kebutuhan anak sekolah harus dengan cara daring karna adanya Pandemi Covid 19. Selain Handphone kebutuhan rumah tangga seperti mesin cuci, kulkas, megicom, kompor, lemari bahkan elektronic lainya seperti TV, parabola, kipas angin dan lain sebagainya.

Selanjutnya selain Unit Usaha Buberta Finance ada juga Unit Usaha SPP (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan), unit usaha ini merupakan warisan dari EKS PNPM pada tahun 2007 yang sampai sekarang mesih eksis. Unit Usaha SPP lebih fokus pada peminjaman dana modal usaha kepada kelompok yang anggotanya adalah perempuan, tentunya dengan jasa yang rendah juga yaitu 1 % perbulan dan tanpa anggunan. Pencairan dana SPP dicairkan empat kali dalam pertahun yakni di bulan Februari, Mei, Agustus dan November.

Selain usaha Buberta Finance dan SPP (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan) juga tersedia unit usaha BRI Link yang siap melayani pada jam kantor, pelayanan tersebut meliputi transfer sesama BRI maupun kelain Bank, pembayaran asuransi, token PLN, Listrik, BPJS, PDAM, kartu Hallo, dan lain sebagainya, tentunya transaksi puluhan juta dengan admin sekecil-kecilnya.

Dari beberapa unit usaha di atas juga ada unit usaha Billboard yang dipergunakan untuk iklan, usaha billboard tersebut baru di mulai pada bulan Maret 2022 dan masih membuka peluang bagi pelaku usaha, dan jajarannya yang membutuhkan tempat periklanan yang strategis dengan jarak dan tempat yang tepat dengan pandangan.

 

Dengan keberadaan BUB3RTA ini diharapkan dapat banyak membantu masyarakat Kecamatan Betara.

 

 

Mekar Jaya, 23 Maret 2022

2 Komentar pada “BUMDES BERSAMA BETARA (BUB3RTA) SOLUSI MASYARAKAT KECAMATAN BETARA”

  1. Mantap buberta maju terus masyrakat lokal kec betara

    1. Terima kasih bosque, sama² kita majukan bumdes untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *