MENGENAL KOPI LIBERIKA TUNGKAL JAMBI

Kopi ? Iya, Kopi !!!

Kopi sudah menjadi kesatuan yang tak terpisah dari Indonesia, suburnya tanah Nusantara ini menjadikan banyak jenis kopi yang tumbuh subur disepanjang katulistiwa.

Banyak jenis kopi di Indonesia ini, yang tentunya membawa ciri khas daerah masing-masing, namun secara garis besar ada dua Varietas pohon kopi yang terkenal yakni Kopi Robusta (Coffea Canephora) dan Kopi Arabika (Coffea Arabica)

Selain Dua Varietas kopi yang populer, ada satu jenis kopi yang dibudidayakan oleh masyarakat Petani Jambi, yakni jenis kopi Liberika (Coffea Liberica). Kopi Liberika adalah kopi Unggulan yang tumbuh didataran gambut, dengan ciri khas tersendiri yang lebih dikenal dengan aroma buah nangka. Kopi jenis ini mempunyai ukuran lebih besar dari pada kopi lainnya.


Petani yang membudidayakan Khusus Kopi Liberika adalah kawasan Timur Kota Jambi lebih tepatnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Komunitas petani yang membudidayakan Kopi liberika ini disebar di Tiga Kecamatan yakni Kecamatan Betara, Kecamatan Pengabuan dan Kecamatan Bram Itam, yang memiliki Luas Lahan Gambut sebanyak 2.800 Ha.

Awal Bibit kopi Liberika yang dikembangkan di Kuala Tungkal ini berasal dari Sabak Uni, Batu Pahat, Batu XIV Johor Baru Malaysia yang dibawa oleh Bapak Hj. Sayuti warga Parit Lapis Desa Teluk Sialang yang sekarang bernama Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Lebih kurang 70 tahun lalu. dan dikembangkan di Desa-desa sekitar seperti desa Serdang, Bram Itam, Pengabuan dan Senyerang.

Dengan berkembangnya tekhnologi dan kemampuan sumber daya manusia, Kopi Liberika telah dikembangkan dengan berbagai macam produk, yang dikelola oleh kelompok-kelompok Tani di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Siapa saja yang telah berhasil menciptakan berbagai produk-produk kopi tersebut ?

Ini dia jawabannya :

1. Produk Kopi Liberika Tungkal Jambi yang dikelola oleh Bapak Muslim

2. Produk Kopi PARISTO yang dikelola oleh Bapak Jamiludin

3. Produk Kopi LIBERCO yang dikelola oleh Bapak Mislannudin

4. Produk Kopi JEMPOL yang dikelola oleh Bapak Badrinsah

5. Produk Kopi LUWAK ALAMI yang dikelola oleh Bapak Minanto

6. Produk Kopi LUWAK KEMBAR yang dikelola oleh Bapak Supadi

7. Produk Kopi AJIB yang dikelola oleh Bapak Firdaus

Berbicara mengenai berbagai produk kopi Liberika kayaknya gak asyik dehh kalau gak dibicarakan juga hasil dari produk-produk turunan Kopi Liberika ini.

Berkat dari Bimbingan Dosen dari Universitas Jambi dan pihak PT Petro China Jabung LTD maka kopi liberika ini berhasil menciptakan produk turunannya, apa saja ?

1. Produk Kerupuk Kopi Liberika

2. Produk Teh Kopi Liberika

3. Parfum Kopi Liberika

 Dari semua produk yanag telah berhasil diciptakan di Kecamatan Betara ini adalah.

“Dari Betara Untuk Dunia”


Paralegal, Mekar Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *