GALI POTENSI KELURAHAN MEKARJAYA

Potensi Desa adalah segala sumber daya alam maupun sumber daya manusia tersimpan di Desa, yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan dan perkembangan Desa.

Secara garis besar potensi desa dapat dibedakan menjadi dua; Pertama adalah poteni fisik yang berupa tanah, air, iklim, lingkungan geografis, binatang ternak, dan sumber daya manusia. Kedua adalah potensi non-fisik berupa masyarakat dengan corak dan interaksinya, lembaga-lembaga sosial, lembaga pendidikan,dan organisasi sosial desa, serta aparatur dan pamong desa.

Dengan diberlakukannya Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa maka menjadi peluang yang sangat besar bagi setiap Desa yang ada di Indonesia untuk bisa mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya secara mandiri sesuai kebutuhan masing-masing dalam rangka mewujuskan kesejahteraan masyarakat. 

Ehhh tunggu …?

Setelah terbitnya Undang-Undang tentang Desa terus bagaimana dengan Kelurahan yang jumlahnya tidak sedikit di Indonesia, sudah tau berapa jumlahnya ??

Ternyata cukup banyak yaitu berjumalah 8.490 looo yang tersebar diseluruh Indonesia …!!

Selain Desa, Kelurahan juga tidak kalah penting kok,!!!

Gak percaya niii ???

Saya kasih tau yaaa !!

Kenal dengan Provinsi Jambi ???

Jika kenal dalam jarak tempuh 128 KM ke arah Timur yang lebih tepatnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Lebih spesifikasi lagi adalah di Kecamatan Betara Kelurahan Mekar Jaya.

Ternyata di sini banyak sekali potensi-potensi yang dapat di kembangkan, karna di Kelurahan ini kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) nya loooo …!

Salah satu kekayaan alam yang di kembangkan hingga saat ini adalah selalu menjaga produktifitas tanaman gambut yaitu Kopi Liberika, ehhh kok ke kopi lagi sih yang dibahas??

Karna di Kelurahan Mekar Jaya produk Unggulannya adalah mayoritas kopi looo…. !

Selain itu ada gak ??

Pastinya ada !!

Pinang Betara adalah salah satu produk unggulan dari lahan gambut, selain itu tumbuh tanaman kelapa dalam yang di tanam oleh para petani sejak 35 Tahun yang silam.

Dari keterpurukan harga jual para petani, beriringan dengan kekuatan SDM para pemuda dan pemudi di Kelurahan Mekar Jaya, telah berhasil menciptakan berbagai produk turunan guna untuk menambah pendapatan ekonomi masyarakat.

1. Produk turunan dari pinang adalah PIMUT (Permen Pinang Muda) yang di kelola oleh pemuda dan pemudi Parit Tomo Kelurahan Mekar Jaya.

2. Kerupuk Kopi Liberika (RUPIKA) juga adalah produk turunan dari kopi Liberika, yang dikembangkan oleh pemuda dan pemudi Parit Tomo Kelurahan Mekar Jaya.

3. Teh Kopi Liberika juga termasuk produk turunan yang tidak kalah penting untuk selalu kita nikmati bersama

Dengan berbagai potensi-potensi yang ada tentunya gak asyik kalau gak kita kepoin secara mendalam, mari singgah dan mari kita gali bersama-sama !!!

Paralegal, Mekar Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *