Ekowisata Sukorejo Spot Tambi Terubus

Tambi dalam kamus besar Bahasa Indonesia adalah pelayan, jongos, kacung. Sedangkan terubus adalah tunas atau tumbuh tunas, jadi tambi trubus dapat diartikan pelayan yang tumbuh tunas, ? What ????

Gak begitu juga kali, Tambi trubus disini dapat diartikan adalah anak dari batang yang telah tumbuh sempurna sehingga tumbuh tunas atau cabang dari batang.

Tambi trubus di sini adalah nama sebuah spot wisata di Ekowisata Sukorejo yang keberadaannya ada di Parit Panglong Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Tidak jarang bahkan sangat banyak sekali wisata yang dihadirkan khususnya di wilayah Provinsi Jambi, namun jarang yang mempunyai spot wisata bagian dari bonsai. Spot ini yang terletak didataran rendah yang sering di ungkapkan dengan kata gambut, dan berada di kawasan petani Kopi Liberika Tungkal Jambi.

Ekowisata yang di inisiasi dari mulai hanya anggan dan di wujudkan bersama-sama oleh para tokoh perubahan yang ada di Kelurahan Mekar Jaya. Sebut saja mereka agen perubahan bangsa hehehe.

Spot tambi terubus yang awalnya hanyalah sekumpulan kelompok sebut saja komunitas, yang fokus pada bagian pembudidayaan bonsai, perawatan, pembentukan, bahkan sampai jadi dan telah mendapatkan rupiah.

Hal tersebut kemudian dilirik dan di kembangkan bersama-sama, tidak mudah pastinya untuk mencapai titik ini, rintangan halangan yang dilalui cukup melelahkan, namun usaha tidak akan pernah menghianati hasil.

Spot Tambi Trubus adalah salah satu spot dari sembilan spot lainnya dalam Ekowisata Sukorejo yang di bangun bersama-sama dari kesukarelaan dan semangat juang para pemimpi kemajuan.

Dari perjalanan panjang perintisan hingga sampai pada titik ini, dan selalu mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Semangat yang tinggi diiringi dengan dukungan ini adalah hal yang sangat mujarap dalam percepatan pembangunan.

Dukungan dan donatur dari pemerintah dan pihak ketiga berlomba membantu dalam pembangunan masing-masing spot, selain dari pihak pemerintah yang ikut bekerja keras salah satunya adalah PT PetroChina International Jabung Ltd. Tentunya ini adalah nilai plus dari permasalahan yang dihadapi oleh para perintis dan dijawab oleh para donatur terkait.

Dan, pada akhirnya kini masing-masing spot dapat dinikmati oleh pecinta wisata yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat maupun di luar Kabupaten. Diharapkan dengan pengembangan Spot-spot wisata ini dapat menjadi nilai tambah untuk para petani dalam mempromosikan produk unggulan dari petani.

Untuk yang masih penasaran dengan bagaimana spot wisata Tambi Trubus, ayooo datang dan mampir dapatkan oleh-olehnya dari masing-masing spot. Atau dapat anda kunjungi Channel di Link

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *